Peringati Sumpah Pemuda, BEST-OSIS BALQIS Putra Berkolaborasi dengan Balqis Peduli Adakan “Santri Berbagi Sahabat Yatim”

GUNUNGKIDUL, Balqisjogja.com- Suasana pagi ini (Sabtu, 29/10) cukup cerah, matahari mulai memancarkan sinar keemasannya dan bersiap menghangatkan seluruh makhluk di hamparan bumi. Tetesan embunpun terlihat sudah banyak yang kembali menguap keatas. Tidak ada kabut. Sehangat suasana itu, geliat aktivitas santri putra Pesantren BALQIS sudah sedari tadi subuh terlihat. Setelah subuh berjamaah di hari sabtu, biasanya mereka al-ma’tsurotan, kemudian dilanjutkan dengan tilawah atau murojaah jama’i. Setelah itu mereka bersih-bersih, aktivitas mandiri ataupun olahraga. Namun untuk hari ini, dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda, OSIS dan BEST BALQIS Putra mengadakan beberapa kegiatan. Diantaranya yaitu upacara, lomba azan, lomba CCA (Cerdas Cermat Agama), minisoccer, dsb. Selain itu, mereka juga mengadakan kegiatan sosial yang berkolaborasi dengan LAZ Balqis Peduli berupa kegiatan Santri Berbagi Sahabat Yatim. Dan hari ini adalah hari pelaksanaan kegiatan sosial tersebut. Sebagai tempat tujuan santri berbagi yaitu Rumah Tahfidz dan Panti Asuhan Daarus Shohabah, Ngawen, Gunungkidul.

Persiapan menuju lokasi sebelum pemberangkatan

Jam 08.00 WIB, rombongan BEST-OSIS BALQIS putra berangkat dari pesantren. Rombongan tersebut terdiri dari 15 santri, dan tim Balqis Peduli. Perjalanan dari pesantren menuju lokasi kurang lebih sekitar 30 menit. Setelah tiba di lokasi, rombongan disambut oleh pengurus dari Rumah Tahfidz dan Panti Asuhan Daarus Shohabah. Anak-anak panti-pun terlihat sudah duduk dan berbaris rapi di masjid seolah memberi isyarat bahwa mereka siap menyambut kedatangan kami.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan secara formal yang berisi sambutan dari tuan rumah dan sambutan dari perwakilan LAZ Balqis Peduli. Dalam sambutannya, Ustadz Santoso sebagai salah satu pengurus Rumah Tahfidz dan Panti Asuhan Rumah Yatim Daarus Shohabah menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan dari santri-santri BALQIS yang kebetulan putri beliau juga pernah mengenyam pendidikan di BALQIS.

Setelah acara pembukaan selesai, acara kemudian diisi dengan perkenalan, penampilan bakat dan kegiatan game seru yang dipandu oleh BEST-OSIS BALQIS. Ada tiga games yang direncanakan oleh mereka, yakni tebak gerakan, berebut masuk lingkaran, dan adu strategi. Selesai kegiatan game yang pertama yaitu tebak gerak, game dihentikan sementara waktu untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah yang kemudian makan siang bersama.

Selesai makan siang, game pun dilanjutkan kembali. Game yang kedua dan ketiga ini suasananya lebih pecah dari yang sebelumnya. Santri BEST-OSIS BALQIS dibuat tertawa oleh tingkah lucu anak-anak panti saat bermain game. Dimana di game kedua mereka harus beradu kecepatan untuk masuk lingkaran saat musik dihentikan. Dan di game ketiga lebih menantang lagi karena membutuhkan kekompakan kelompok dan kegesitan dalam menjawab. Masing-masing kelompok diberikan nama sebuah negara dan anggota kelompok harus  mengetahui posisinya. Ketika nama kelompoknya disebut, maka seluruh anggota kelompok harus menjawab secara bergantian posisi mereka dan yang paling ujung menyebutkan nama kelompok lain begitu seterusnya.

Setelah game selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah dan penyerahan bingkisan dari LAZ Balqis Peduli kepada anak-anak yatim dan santri tahfidz disana. Alhamdulillah acara berjalan lancar dan anak-anak panti juga terlihat senang dan bahagia. Terimakasih kepada pengurus Rumah Tahfidz dan Panti Asuhan Daarush Shohabah yang telah menerima kedatangan kami dan semoga bisa bersilaturahim di kesempatan lain.

Foto bersama dengan anak-anak Rumah Tahfidz dan Panti Asuhan Daarush Shohabah

“Kami sampaikan banyak terimakasih kepada Balqis Peduli dan santri Pesantren BALQIS yang sudah berkunjung kesini (Rumah Tahfidz dan Panti Asuhan Daarush Shohabah) dan terimakasih  kepada seluruh donatur,  semoga rezekinya dibalas oleh Allah dengan balasan yang lebih banyak dan lebih baik” tutur Ustadz Winoto selaku ketua pengurus Rumah Tahfidz dan Panti Asuhan Daarush Shohabah di akhir acara.

INFROMASI PPDB BALQIS

Informasi SMP Balqis

Informasi SMA Balqis