Qur'ani, Berprestasi, Berakhlak Islami dan Berwawasan Global

PRAMUKA BAITUL QUR’AN YOGYAKARTA GELAR PERJUSAMI

Bejiharjo – Perkemahan adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara out bond. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk pramuka. SMP dan SMA Baitul Quran Yogyakarta menyelenggarakan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) ini mulai 2 September sampai 4 September 2022 di Edu Park Bejiharjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjusami ini diikuti oleh penggalang kelas 7, 8, dan 9 dari SMP Baitul Quran berjumlah 244 orang dan melibatkan 80 sangga kerja dari SMA Baitul Quran, serta 20 pembina pendamping.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk gerakan pramuka santri dalam penguatan jati diri santri yang berakhlak mulia, berwawasan nusantara, dan rahmatan lil alamin. Acara Perjusami dibuka oleh Kak Wanuri, S.Pd.I, Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan. Kegiatan perkemahan ini dikemas dengan menyenangkan dengan berbagai permainan dan kegiatan pramuka yang menarik, menantang, dan mengedepankan ukhuwah. Dilansir dari pramukadiy.or.id, Kak Titin selaku Pembina SMP Baitul Quran bahwasanya kegiatan ini dilakukan sebagai wahana untuk pembekalan pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan pembentukan karakter.

Diketahui bahwa perkemahan ini merupakan sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta didik, terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Kegiatan terbagi dalam kelompok sub giat seperti giat ibadah (salat Jumat, salat berjamaah, qiyamul lain jamaah, dhuha, al matsurat, tilawah, mirojaah). Kemudian giat umum (upacara pembukaan, penutupan, permainan tradisional, senam masal , apel, haflah; giat Scouting skill (pionering, Semaphore, jelajah , PBB tongkat, Kim, p3k, dll); serta giat special skill (Snack handling Rescue).

Kak Ningrum, ketua panitia Perjusami berharap “Semoga pengalaman dan ilmu yang telah didapat selama kegiatan dapat bermanfaat. Berusahalah  mengubah sikap ke arah yang lebih baik lagi dalam kehidupan”. Kegiatan ditutup dengan penyematan Pramuka Penggalang oleh kak Titin dan Kak Wiyadi selaku Pembina.

Momen-momen kehangatan dalam kebersamaan ini benar- benar terasa dan sangat berkesan. Semuanya bergembira, sehat dan selamat. Segala bentuk kekurangaan yang ada akan terus dijadikan sebagai bahan evaluasi bersama. Terimakasih dan selamat kepada Panitia, Sangga Kerja, para asaatidz/asatidzah, dan Peserta Perjusami Santri Baitul Qur’an Yogyakarta yang ikutserta dalam membantu menyelenggarakan acara ini. Semoga Allah membalas kebaikan yang diberikan untuk menyukseskan acara ini.

INFROMASI PPDB BALQIS

Informasi SMP Balqis

Informasi SMA Balqis