Qur'ani, Berprestasi, Berakhlak Islami dan Berwawasan Global

PERINGATI HARI SANTRI DAN SUMPAH PEMUDA, PESANTREN BAITUL QUR’AN YOGYAKARTA LAKSANAKAN UPACARA BENDERA DAN LOMBA-LOMBA

GUNUNGKIDUL – Jumat (28/10/2022), menyongsong cinta tanah air dengan semangat membara dalam diri santri dan pemuda bangsa Indonesia, Pesantren Baitul Qur’an Yogyakarta melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari santri dan sumpah pemuda dengan tertib dan lancar. Upacara dilaksanakan di dua tempat yang berbeda, yaitu pondok putra dan pondok putri pesantren BALQIS Jogja. Sesuai dengan edaran dari gubernur pelaksanaan upacara di pondok putri bertemakan sumpah pemuda dan di pondok putra mengenakan pakaian khas santri baju putih dan sarung. Walaupun dengan tatanan upacara dan pakaian berbeda kekhitmatan untuk mengenang perjuangan santri dan pemuda tidaklah berbeda.

Sesuai dengan amanat dari Ustadz Hizkil selaku pembina upacara pondok putra, bahwa santri dan pemuda perlu memiliki akhlaq yang baik mencontoh dan meneladani Rasulullah dan para sohabatnya. Tetap patuh dan tunduj akan ajaran Allah SWT berjuang dan berjihad dijalannya. Kemudian di tempat lain, sesuai pedoman Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 dari LLDIKTI, Ustadz Wanuri sebagai pembina upacara pondok putri berpesan bahwa, “Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan…”


Kemudian peringatan hari santri dan sumpah pemuda yang dilaksanakan tanggal 22 – 29 Oktober dilanjutkan dengan lomba klasikal antar kelas setelah sebelumnya BEST-OSIS BALQIS Putra Berkolaborasi dengan Balqis Peduli Adakan “Santri Berbagi Sahabat Yatim” . Berbagai macam lomba digelar, dari lomba keolahragaan, keagamaan, dan kependidikan. Tidak lain lomba-lomba tersebut dilngsungkan untuk memperkuat ukuwah sesama santri, kekompakan, gotong royong, menyalurkan minat bakat dan tentunya untuk ikut berjuang sebagai santri dan pemuda dalam rangka memperingati hari santri dan sumpah pemuda.


Menurut Ustadzah Mita selaku pembimbing, “ Saya harap siswa mampu berdaya dalam hal yang disukai sehingga dapat menebar kebermanfaatan bagi lingkungan. Kemudian mereka dapat meningkatkan semangat berjuang khususnya dalam mengisi peringatan hari santri dan sumpah pemuda kali ini”

Bagi pelajar sendiri, sumpah pemuda merupakan tekad para pemuda di masa lalu yang menggelorakan persatuan bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku, ras dan agama. Tugas pemuda sekarang ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak tetap utuh dan mengisinya dengan hal positif. Sumpah pemuda dan peringatan hari santri sesungguhnya memiliki kaitan yang sangat erat yaitu peran mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hari santri menjadi refleksi bagi golongan santri dan bangsa untuk mengingat kembali sejarah perjuangan kaum pondok pesantren dalam berjuang melawan penjajah.

Meneladani semangat persatuan dan kesatuan bangsa, bernegara, dan berbahasa Indonesia. Semangat cinta tanah air dan bangsa serta semangat persatuan para pemuda pendahulu haruslah diikuti dan diteladani oleh para siswa, yaitu melalui hal yang positif serta berguna bagi nusa dan bangsa

 .. Selamat Hari Santri dan Sumpah Pemuda

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”
“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yanng satu, bangsa Indonesia.”
“Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

SANTRI SIAGA JIWA DAN RAGA

INFROMASI PPDB BALQIS

Informasi SMP Balqis

Informasi SMA Balqis